Kata Bijak Hari Ini


Wednesday 4 February 2015

Rangkaian Motor Tiga Fasa Dengan Star Delta Otomatis

Untuk mengoperasikan motor listrik tiga fasa dengan satu arah putaran  yang dilengkapi dengan saklar Star Delta Otomatis. Rangkaian motor listrik ini banyak digunakan di indusri besar, menengah dan kecil. Pada usaha kecil yang banyak kita jumpai di tengah-tengah masyarakat seperti bengkel bubut, bengkel las, industri perabotan dan lain-lain.

1. Diagram Rangkaian Kontrol Arus

Rangkaian Kontrol Arus adalah rangkaian untuk mengatur operasi kontaktor dan relay melalui kontak bantu dan kontak relay.



Cara Kerja Rangkaian :

  • Tutupkan ( On-kan ) MCB pada kontak 7-8
  • Tekan tombol Start, maka Magnetic Contactor 1 (MC1) dan MC3 serta Time Delay Relay (TDR) akan bekerja secara bersamaan serta indicator Hubungan Bintang (Y) menyala. Indicator Hubungan Bintang (Y) menandakan bahwa rangkaian motor sedang bekerja dengan Hubungan Bintang (Y).
  • Beberapa saat kemudian ( sesuai setingan waktu) TDR akan mengerjakan kontak bantunya yakni menutupkan (meng-ON-kan) kontak 1-3, sehingga rangkaian terhubung Delta langsung bekerja dan rangkaian terhubung Bintang (Y) berhenti bekerja. Pada saat yang bersamaan Indicator Hubungan Delta menyala dan Indicator Hubungan Bintang (Y) berhenti menyala yang berarti rangkaia motor telah beroperasi dengan rangkaian terhubung Delta.
  • Bila terjadi pembebanan lebih ( Over Load ) pada Motor maka sakelar bantu TOR 95-96 akan memutus arus pada rangkaian kontrol arus, dan sakelar bantu TOR 97-98 akan menutup menyebabkan Indicator Emergency menyala. 

 Keterangan Gambar :

  • MCB (Mini Circuit Breaker)
  • TOR ( Thermal Overload Realay )
  • STOP ( Tombol Stop )
  • START ( Tombol Start )
  • TDR ( Time Delay Relay )
  • MC 1 ( Magnetic Contactor 1 )
  • MC 2 ( Magnetic Contactor 2 )
  • MC 3 ( Magnetic Contactor 3 )
  •  

 

2. Diagram Rangkaian Utama ( Beban )

Rangkaian Utama adalah rangkaian beban dan kontak-kontak utama kontaktor serta kontak breaker dan komponen pengaman yang dihubungkan ke arus beban.



 Cara Kerja Rangkaian :
  • Bila MC1 dan MC3 bekerja serentak maka rangkaian motor terhubung secara Bintang. Dimana MC3 berfungsi untuk menyatukan ujung-ujung kumparan motor ( X, Y, dan Z ) sebagai hubungan Bintang, dengan ilustrasi sebagai berikut :
Gambar Kumparan Motor 3 Fasa Terhubung Bintang
  • Bila MC1 dan MC2 bekerja serentak maka rangkaian motor terhubung secara Delta. Dimana MC2 berfungsi untuk membalikkan ujung-ujung kumparan motor ( X pada fasa S, Y pada fasa R, dan Z pada fasa T ) sebagai hubungan Delta, dengan ilustrasi sebagai berikut :

Gambar Kumparan Motor 3 Fasa Terhubung Delta

 3. Diagram Rangkaian Pengawatan ( Wiring Diagram )

 Rangkaian Pengawatan adalah gabungan dari Rangkaian Kontrol Arus dengan Rangkaian Utama ( Beban )



Demikianlah Rangkaian ini saya sajikan semoga dapat bermanfaat bagi yang memerlukannya, mohon saran dan kritik yang menbangun.


6 comments:

  1. jadi perpindahan dari start ke delta itu langsung ya mas? tanpa ada delay off? bener ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada delay off dari bintang nanti harus start ulang lg dong gan? malah inrush lg nanti bebannya. sorry gan kebetulan lg keliling blog numpang nangkring hehe

      Delete
  2. Ijin Promo.
    Bagi yg butuh Jasa Wiring & Rakit Panel area Bekasi & Sekitarnya Silahkan hubungi saya di 085777839042

    ReplyDelete
  3. min tolong bantu...
    kalau mau buat gambar diagramnya pakai aplikasi apa ya??

    ReplyDelete
  4. Bagi yg butuh Jasa Wiring & Rakit Panel area JABODETABEK Silahkan hubungi saya di 085777839042

    ReplyDelete
  5. Bagi yg butuh Jasa Wiring & Rakit Panel area JABODETABEK Silahkan hubungi saya di 085777839042

    ReplyDelete