Kata Bijak Hari Ini


Wednesday 4 February 2015

Komponen dan Cara Kerja Motor Listrik

Motor induksi 3 fasa merupakan motor yang sering dijumpai. Saya ingin menuliskan materi tentang motor induksi 3 fasa mengingat hal ini cukup penting untuk difahami.
Pada prinsipnya semua motor sama, baik yang 1 HP maupun 100 HP. Baik 1 fasa atau 3 fasa. Ada komponen-komponen utama yang selalu menyertainya. Memang, motor 1 fasa memiliki tambahan kapasitor dan format terminal box yang berbeda dengan motor 3 fasa.

Bagian-Bagian Motor Induksi

1. Rotor
Rotor adalah bagian yang berputar dari sebuah motor. Rotor dapat berputar dengan dua sumber energi:
  1. Energi Mekanik
    – Dengan tangan anda.
    – Dengan putaran dari alat yang terhubung dengan rotor tersebut.
  2. Energi Listrik
    Motor diberikan arus listrik.
motor rotorrotor motor
2. Stator
Stator terdiri dari lilitan atau kumparan yang memberikan efek magnet kepada rotor, sehingga rotor dapat berputar.
stator motorstator motor pole
3. Terminal Box
Salah satu bagian yang cukup penting untuk dapat memahami motor starter. Terminal box adalah “stop kontak” yang bertugas menyambung aliran listrik dari sumber ke motor.
Dari terminal box, pengaturan starter star atau delta dapat dilakukan. Pengaturan star atau delta mengacu pada informasi yang tertera pada nameplate motor.
Terminal box terdapat winding, jika anda sering melihat format U1-V1-W1 dan W2-U2-V2, disinilah tempatnya.
terminal box motor 1 fasa
Terminal Box Motor 1 Fasa
teminal box motorterminal box motor 100HPwinding U1-V1-W1 dan W2-U2-V2

Cara Kerja Motor Induksi 3 Fasa

Listrik yang masuk ke dalam lilitan motor akan menghasilkan fluks magnetic sehingga membuat stator menjadi magnet, sehingga rotor berputar karena tarikan dari magnet tersebut.
Teori dasarnya adalah sebuah besi dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet. Medan magnet inilah yang dimanfaatkan untuk memutar rotor.
Saya sangat menyarankan anda untuk melihat video berikut ini:


2 comments:

  1. mohon pencernahan..

    saya ada membeli disk mill tanpa motor eletrik, kemudiannya saya ingin memasang motor eleterik tersebut. setelah seting siap saya pon on kan suis. mesin ini begerak sekejap kemudian off. saya tgok fuse dari plug telah putus. pekara ini berulang kali.

    soalan saya apakah motor saya itu tidak boleh terus di sambungkan ke plug 240v, keupayaan rumah? atau perlukah saya menukar motor tersebut, mungkin ianya agak besar.

    bila saya ajukan masalah saya pada kawan, yang serba sedikit tahu bab motor ni, mereka memberi cadangan agar cable dari tiang eletrik itu terus di sambungkan ke fuse box yang boleh menampung 415v atau phase 3....boleh tuan bagi pandangan

    ReplyDelete
  2. Bagi yg butuh Jasa Wiring & Rakit Panel area JABODETABEK Silahkan hubungi saya di 085777839042

    ReplyDelete