Kata Bijak Hari Ini


Tuesday 3 February 2015

Control Direct Online Starter atau DOL Starter

Direct Online Starter adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “Langsung Nyala”. Jenis kontrol ini adalah metode pengaturan yang paling dasar sekali dalam dunia kendali-mengendalikan motor. Biasanya digunakan untuk proses yang cuma membutuhkan motor bisa dihidupkan kapanpun dimanapun semua suka dengan arah putaran tertentu, jika ingin bisa dua arah ada kontrol maju-mundur atau yang dinamakan “forward-reverse”.


Penyambungan Rangkaian Motor On Off (interlock)




gambar wiring forward reverse

gambar wiring star delta

Sebenarnya kontrol DOL Starter ini pernah saya bahas sebelumnya, namun saya tidak memakai istilah DOL Starter dalam pemaparannya, dikarenakan saya ingin para pembaca dapat memahami secara bertahap mengenai dasar sebuah sistem rangkaian pengendali dan seluk beluknya, dan juga untuk menaikkan rangking pencarian blog saya di google dengan kata kunci yang umum digunakan

1 comment:

  1. Bagi yg butuh Jasa Wiring & Rakit Panel area JABODETABEK Silahkan hubungi saya di 085777839042

    ReplyDelete